Kamis, 06 Januari 2011

T-Rex Mungkin Juga adalah Seekor Kanibal


CONNECTICUT - Tyrannosaurus Rex yang dikenal sebagai predator ternyata tidak hanya berbahaya bagi dinosaurus jenis lain, tapi juga untuk jenisnya sendiri.

Para ilmuwan kini telah menemukan tanda-tanda bahwa T-Rex mungkin juga seekor kanibal atau pemangsa sesama jenis T-Rex. Alasannya sendiri karena ditemukannya berupa bekas luka dalam di tulang T-Rex yang disebabkan oleh T-Rex yang lain. Demikian seperti yang dikutip dari Live Science, Senin (18/10/2010).

Fosil ini ditemukan oleh Nicholas Longrich, seorang paleontolog vertebrata dari Yale University. Dia menemukan sebuah tulang dengan bekas luka sedalam 1.3 cm. Setelah diteliti berdasarkan usia dan lokasi fosil, dinyatakan bahwa bekas luka tersebut dibuat oleh T-Rex.

"Bekas luka ini hanya bisa disebabkan oleh karnivora besar, dan T-Rex adalah satu-satunya karnivora besar di Amerika Utara pada 65 juta tahun yang lalu," ujar Longrich.

Setelah menemukan fosil dengan bekas luka tersebut, Longrich langsung sadar kalau korban dari gigitan tersebut adalah seekor T-Rex juga. Setelah dikombinasikan dengan beberapa fosil T-Rex dari beberapa museum, dia menemukan total satu tulang tangan dan tiga tulang kaki, termasuk, yang menunjukkan bukti kanibalisme T-Rex.

"Sangat mengejutkan bahwa kemungkinan ini sering terjadi. Ini bisa berarti bahwa T-Rex memakan bangkai binatang-binatang, termasuk jenisnya sendiri. Atau mereka bisa membunuh satu sama lain dan cukup sering memakan sesamanya," katanya.

Bekas luka yang berbentuk U dan V adalah jenis yang biasa T-Rex buat ketika merobek daging dari sebuah bangkai.

"Karnivora besar jaman sekarang juga melakukan tindakan kanibalisme. Hal ini adalah cara untuk menguasai kompetisi rantai makanan," tambah Longrich.

Kanibalisme itu tersebar luas di kerajaan binatang, termasuk laba-laba betina yang memakan pasangan jantannya, simpanse yang memangsa anaknya, dan lain-lain.
(srn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar