Kamis, 06 Januari 2011

Lempengan Tektonik Jadi Bukti Kehidupan Mars


Bukti gerakan tektonik memainkan peran utama dalam pembentukan mars, sama seperti bumi. Sayangnya, ini bertentangan dengan pandangan umum soal Planet Merah. Seperti apa?

Tanah di kawasan barat laut gunung berapi Olympus Mons terdiri dari banyak goresan dan gundukan. Ini diklaim sebagai bukti aktivitas lempeng tektonik. Ilmuwan memperkirakan adanya pergeseran lempeng pada 250 ribu tahun terakhir.

Penulis studi Profesor An Yin dari University of California, Los Angeles, Amerika Serikat mengatakan, Mars mirip dengan struktur tanah bumi. Padahal, pandangan umum menyebutkan materi Mars terlalu kecil dan terdiri dari interior dingin sehingga menghambat proses pembentukan lempeng tektonik.

An Yin menegaskan bukti lempengan tektonik sangat banyak di Mars terkait gundukan dan goresan di beberapa kawasan. Jika benar, Mars memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk tempat tinggal makhluk hidup. Lempeng tektonik bisa membantu penambahan materi kehidupan, karbon misalnya.

Penemuan ini dipresentasikan di American Geophysical Union, San Francisco. Awalnya, ilmuwan mengaitkan perubahan tanah MARs dengan fenomena longsor, namun Yin membantah. Ia percaya bahwa rantai lurus panjang yang mengarah ke gunung berapi merupakan bukti tektonik.

Penelitian ini mengambil subjek studi garis rantai di tiga gunung berapi Tharsis Montes dekat Olympus Mons. [vin]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar