Sabtu, 04 Juni 2011

DARK ANGEL = IBLIS?

Kita lihat dulu penafsiran Islam tentang Iblis / Setan


Setan menurut bahasa Arab adalah ruuhun syariirun atau ruh yang sangat jahat/buruk, al-hayatul khabitsah atau suatu kehidupan yang sangat buruk dan mutamarridun madsadun atau pendurhaka yang merusak”. Sedangkan setan secara istilah adalah sifat yang jahat yang tersembunyi dalam diri jin dan manusia yang dapat menimbulkan kerusakan dan kehancuran. Jadi syetan adalah profesi atau sebutan dari kalangan jin dan manusia yang jahat. Hal ini sesuai dengan definisi Allah mengenai syetan dalam Al Qur’an:

“syetan yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia dari (golongan jin dan manusia”
(QS. An-Naas: 5-6)

“ dan demikian kami jadikan bagi tiap – tiap nabi itu musuh, yaitu setan-setan dari jenis manusia dan dari jenis jin. Sebagian lagi membisikkan kepada sebagian lagi perkataan – perkataan yang indah – indah untuk menipu manusia. Jikalau tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan,”
(QS Al-An’am: 112)

dia antara sifat syetan itu adalah sifat congkak, sesat dan cinta terhadap kejahatan. Jin yang bersiofat congkak dan cinta kejahatan disebut setan. Manusia yang memiliki sifat tersebut disebut juga setan. Setan dari jenis manusia dan setan dari jenis jin yang ditetapkan Allah sebagai musuh para nabi itu menperdaya sebagian yang lain dengan kata-kata indah yang dibisikannya. Yang dimaksud dengan membisikkan disini adalah memindahkan pengaruh internal dari sebagian kepada sebagian yang lain, menipu dan mendorongnya untuk berbuat congkak, sesat dan maksiat kepada Allah Azza Wa Jalla.

Setan jenis manusia, sepak terjangnya dapat dilihat secara nyata dan jelas oleh mata telanjang kita, begitu pula bentuk permusuhan mereka terhadap nabi dan orang yang beriman itu. Sementara seyetan jenis jin bercampurbaur denjgan manusia untuk menjerumuskan dan menyesatkanya dengan cara – cara yang tidak diketahui manusia.



Dari situ kita bisa melihat bahwa definisi dari setan merupakan sesuatu yang jahat. Dark Angel memang jahat dan merupakan salah satu Setan. Manusia juga menurut ajaran Islam bisa menjadi setan. Dark Angel di sini pernah hidup layaknya manusia biasa. Mereka memiliki tempat tinggal, teknologi, dan juga bisa perang satu sama lain, berbeda dengan filosofi Kekristenan bahwa Setan bersekongkol hanya bertujuan untuk menghancurkan manusia. Jadi, Dark Angel
di sini merupakan salah satu setan yang memiliki akal budi seperti manusia dan pernah hidup bagaikan manusia. Seperti manusia yang jahat, dia juga Setan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar